Just another WordPress.com site

Archive for November 1, 2011

Tips dan methode berlari untuk pemula

Sedikit flashback kira-kira dua tahun yang lalu gw masih ingat sekali sebelum gw kenal parkour fisik dan stamina gw masih berantakan, saat itu dan memang pertama kalinya gw mencoba gerakan-gerakan yang masih belum jelas, yang ada dipikiran gw waktu itu adalah keren dan extreme, karena memang gw dari kecil anak yang agak autis di keluarga gw dan suka yang berbau olahraga extreme, pada saat itu gw tidak punya pengetahuan dari apa yang sedang gw lakukan di parkour, gw hanya mencoba gerakan-gerakan yang tidak gw kuasai berharap gw bisa melompati gedung-gedung di jakarta seperti di film “yamakasi”. (menghayal di siang bolong gw).
Karena gw penasaran dan mau cari tahu parkour lebih dalam lagi, gw pelajari semua yang berhubungan dengan parkour lewat dunia maya, gw browsing cara berlari yang benar, pelajari teknik melompat, cara memanjat biar seperti laba-laba (seperti di film superhero dong? Hahaha..), dan tidak hanya itu latihan fisik ala parkour gw pelajari dan aplikasikan selama bertahun-tahun, setelah cukup pengetahuan dari tutorial yang gw baca serta filosofi parkour yang gw pelajari terus, alhamdulilah sampai sekarang gw masih bertahan di parkour, yang gw dapat di parkour ternyata melebihi dari apa yang selama ini gw pikirkan dari pertama kali gabung dan bertemu teman-teman semua, pemikiran gw pada waktu itu salah besar tentang parkour yang gw anggap extreme dan keren, ternyata jika kita pelajari dan mendalami sesuatu yang kita cintai alhasil kita akan mendapatkan sebuah berlian yang tidak ternilai harganya, bagi gw itu suatu kepuasan yang tidak ada tandingannya.
Sekarang menuju tentang apa yang gw miliki setelah bertahun-tahun gw pelajari, dan hasilnya supaya semua teman-teman memiliki juga apa yang telah gw pelajari, salah satunya gw akan sharing tentang berlari, jangan putus asa jika mendengar kata jogging,sprint, dan marathon, intinya sama saja yaitu berlari, klo menurut versi gw sih di parkour lebih banyak berlarinya dan berapa persen sisanya baru untuk vaulting, memanjat dan lompat-lompat, karena itu sangat penting sekali untuk berlatih lari supaya stamina kita makin bagus, jika stamina kita sudah lumayan bagus dan hasilnya untuk flow yang jauh juga akan enak rasanya. karena itu kalian semua harus maju terus, gw yakin kalian bisa dan gw masih ingat sekali pertama kali gw pelajari beberapa tahun yang lalu dan gw aplikasikan di luar cara berlari dan bagaimana nafas yang benar pada saat berlari, hampir putus asa karena baru berapa meter nafas sudah tidak beraturan dan paru-paru gw rasanya mau meledak, hitungan hari, minggu, bulan belum ada perubahan yang drastis di endurance gw dan karena gw punya keyakinan dan semangat, gw bertekad dan gw harus bisa..!! setiap keringat gw yang menetes adalah perjuangan dan semangat gw, gw tidak mau kalah dari sisi negative gw, gw harus bisa melawan pikiran yang malas setiap kali gw berlatih.
Alhamdulilah pada saat ini dan sekarang berkat proses yang panjang dan lahirlah sebuah progress yang gw miliki, sekarang gw bisa berlari long distance dan jatuh cinta kepadanya. (more…)